5 Cara Mengoptimalkan SEO ONpage Yang Perlu Anda Lakukan

5 Cara Optimasi SEO ON Page. Sobat blogger, Kalo berbicara masalah SEO, kita tahu bahwa membangun backlink adalah salah satu kegiatan yang sering kita lakukan, sering atau tidaknya, namun kadang kita cenderung lebih mengoptimalkan SEO Of Page dan mengabaikan aspek SEO On Page pada pengoptimalan blog kita.


5 Cara Mengoptimalkan SEO ONpage

Mungkin kita melakukan pembaruan situs, Pembaruan template, edit HTML, penambahan fungsionalitas baru dan perubahan lainnya seperti penggantian URL yang menyebabkan masalah error atau broken link yang terdapat pada situs blog kita dan penyebab berkurangnya nilai SEO pada blog kita. Jika sobat tidak proaktif mencari kesalahan-kesalahan ini dan luput dari pengamatan, maka secara negatif hal ini akan mempengaruhi peringkat situs kita di search engine google.


Misalnya baru-baru ini saya menyadari kalo banyak sekali broken link yang terdapat pada situs blog saya yang terdapat pada kolom komentar dan hal ini berlangsung lama, tentu hal ini dapat mempengaruhi relevansi blog kita di mata google.

Mengoptimalkan SEO ONpage

Menjaga pentingnya praktik SEO dalam keamjuan situs kita, berikut adalah 7 pemeriksaan penting yang perlu sobat lakukan secara periodik untuk memastikan bahwa SEO on-page sobat sudah tepat sasaran.

1. Periksa Situs Kita dari Broken Link

Situs dengan adanya broken link atau tautan rusak (baik itu tautan internal atau eksternal) sangat berpotensi kehilangan ranking di hasil penelusuran google, bahkan jika sobat memiliki tautan yang terdapat pada posting dengan tautan eksternal atau ke situs luar, bisa jadi sobat tidak bisa mengontrol atas tautan eksternal tersebut.

Ada kemungkinan besar bahwa laman web atau sumber yang sobat tautkan ke situs lain tersebut mungkin telah berganti URL atau situs tersebut sudah dihapus dan kemungkinan lainnya 

Inilah sebabnya mengapa direkomendasikan untuk memeriksa broken link secara berkala.
Ada banyak cara untuk memeriksa tautan yang rusak, namun salah satu cara termudah dan paling efisien adalah sobat bisa melakukan pengecekan sekaligus memperbaiki tautan rusak atau broken link tersebut dengan melakukan pengecekan di situs http://www.brokenlinkcheck.com/ atau lebih jelasnya sobat bisa melakukan tutorialnya di link bawah ini :
- Cara Mengetahui Dan Memperbaiki Broken Link di Blog  


5 Cara Mengoptimalkan SEO ONpage Yang Perlu Anda Lakukan


2. Gunakan Cara Perintah Situs Untuk keberadaan Link tak bernilai di Search engine.

Menggunakan perintah seperti  “ site: namablog.com” menampilkan semua halaman di situs yang sudah di indeks google.

5 Cara Mengoptimalkan SEO ONpage

Dengan memindai atau membaca melalui hasil ini, sobat harus dapat memeriksa apakah semua indeks halaman berkualitas baik atau jika ada beberapa halaman atau sebuah link tersebut dengan halam bernilai rendah.

Jika situs sobat memiliki banyak halaman, silahkan ubah setelan Google Penelusuran untuk menampilkan 100 hasil sekaligus. Maka dengan cara ini sobat dapat dengan mudah memindai melalui semua hasil dengan cepat.

Contoh halaman bernilai rendah akan menjadi hasil di halaman 'hasil pencarian'. sobat mungkin memiliki atau menerapkan halaman arsip atau archive dan ada kemungkinan semua halaman hasil pencarian dijelajahi dan diindeks oleh google. Semua halaman tersebut tidak berisi apa-apa kecuali link, dan karenanya jumlahnya sedikit atau tidak ada nilainya. Cara terbaik adalah menjaga agar halaman ini tidak terindeks.

5 Cara Mengoptimalkan SEO ONpage

Ada dua metode untuk mengoptimalkan link-link tak bernilai tersebut atau cara deindeks link tersebut yaitu dengan perintah robots.txt dan tag tajuk robot khusus, sobat bisa menggunakan dua metode di artikel dibawah ini.

3. Periksa Robots.txt untuk melihat apakah Sobat memblokir sumber penting

Yang saya maksud sumber penting  misalnya, memblokir konten image atau halaman lain di Robots.txt berarti menghalangi gambar agar tidak dirayapi. Jika google bots tidak dapat mengakses gambar di situs sobat, maka untuk harapan memiliki visitor dari sumber gambar dalam peringkat lebih tinggi akan berkurang karena pemblokiran robots.txt tersebut.

Dengan cara yang sama, jika Google bot tidak dapat mengakses javascript atau CSS di situs kita, maka bot crawler tidak dapat menentukan apakah situs sobat responsif atau tidak. Jadi, meskipun situs sobat responsif , Google akan menganggapnya tidak dan akibatnya , situs sobat tidak akan berperingkat bagus dalam hasil penelusuran seluler.

Untuk mengetahui apakah sobat memblokir sumber penting, masuk ke Google Search Console dan masuk ke Google Index> Blocked Resources.  Di sini sobat harus bisa melihat semua sumber yang mungkin di blokir. Sobat kemudian dapat membuka blokir sumber ini menggunakan Robots.txt

atau  sobat bisa mengeceknya pada setelan robots.txt blogger di pengaturan,  untuk mengetahui setiap kegunaan kode-kode yang terdapat di robots.txt, sobat bisa membaca artikelnya disini setting dan kegunaan robots.txt 

4. Periksa kesalahan penggunaan dalam kegunaan seluler

Situs yang tidak responsif sulit untuk bisa berperingkat bagus di hasil penelusuran seluler Google. Meski situs sobat responsif, kita tidak memastikan apa yang akan dipikirkan Google Bots. Bahkan perubahan kecil seperti memblokir sumber daya yang dapat membuat situs responsif sobat bisa terlihat tidak responsif dalam tampilan Google misalkan penggunaan robots.txt m1 dan m0 .

Jadi, meskipun sobat merasa misalkan situs sobat responsif, sobat dapat mempraktikkan untuk memeriksa apakah halaman situs blog sobat sudah mobile friendly atau jika memiliki kesalahan penggunaan kegunaan seluler.

Untuk melakukannya , masuk ke Konsol Google Search Console >> Search Traffic > Mobile Usability untuk memeriksa apakah ada halaman situs sobat menunjukkan kesalahan kegunaan seluler.

Sobat juga dapat menggunakan uji ramah seluler Google untuk memeriksa setiap halaman, silahkan sobat baca di artikel saya disini Cara Membuat Blog Jadi Mobile Friendly

5. Periksa script dengan masalah pemblokiran yang dibuat


Sobat mungkin telah menambahkan sebuah widget baru atau fungsionalitas baru ke blog sobat dan hal ini bisa menambahkan sebuah kode pemanggilan ke banyak file javascript dan CSS di semua halaman situs. Fungsi sebuah widget atau yang lain mungkin untuk satu halaman, namun kode pemanggil tersebut ke javascript dan CSS-nya ada di semua halaman.

Misalnya, sobat mungkin telah menambahkan widget form kontak yang hanya berfungsi pada satu halaman - halaman kontak, tapi sobat perlu tahu bahwa dengan menambahkan satu widget tersebut bisa menambahkan file Javascript-nya di setiap halaman.



Semakin banyak referensi javascript dan CSS yang dimiliki halaman atau situs, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat sebuah halaman situs. maka Ini berdampak mengurangi kecepatan loading situs yang dapat berdampak negatif pada peringkat search engine google.

Cara terbaik untuk memastikan hal ini tidak terjadi adalah memeriksa halaman situs blog sobat dengan menggunakan alat Google PageSpeed ​​Insights secara reguler. Periksa untuk melihat apakah ada file Javascript yang di blokir dan cari tahu apakah skrip tersebut memang diperlukan atau tidak agar halaman berfungsi dengan benar.

5 Cara Mengoptimalkan SEO ONpage

Jika sobat menemukan skrip yang tidak diinginkan, batasi skrip tersebut hanya ke halaman yang memerlukannya sehingga tidak memuat tempat yang tidak di inginkan. Sobat juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan atribut defer atau async ke file Javascript.

Nah sobat blogger itu adalah beberapa hal yang sangat penting untuk diperiksa sehingga SEO on-page situs blog sobat tetap optimal.


jika ada tambahan dan pengalaman , beritahu saya hal-hal apa yang sobat periksa saat melakukan audit situs SEO. Apa yang sobat lakukan untuk memastikan SEO on-page situs blog sobat tetap optimal.


EmoticonEmoticon