Cara Cek Dan Memperbaiki Broken Link di Blog

Cara Cek Dan Memperbaiki Broken Link di Blog. Hallo sobat blogger, pada kesempatan kali ini oktavia ingin berbagi tutorial tentang bagaimana cara memperbaiki atau menghapus broken link, broken link atau link rusak adalah sebuah dead link atau link mati yang sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan blog sobat, terutama dalam segi SEO, broken link ini sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal.
Cara Cek Dan Memperbaiki Broken Link di Blog

Broken Link Berpengaruh Terhadap Buruknya SEO

Apa hubungannya broken link atau link mati terhadap SEO. Begini sobat, broken link atau link dengan erorr 404, ini sangat buruk untuk SEO, karena situs kita bisa dianggap situs sampah, ko bisa ya? saya ambil contoh misal situs blog sobat membuka open name url untuk sebuah komentar, sudah pasti dong akan banyak sekali orang yang berkomentar menggunakan name url untuk sebuah harapan agar sang komentator mendapat backlink atau link balik dari komentar name url tersebut.


Saya asumsikan misalkan di situs blog sobat terdapat 200 komentar dengan link aktif yang bersumber dari komentar blog, atau dari postingan dan lain-lain. Karena sumber broken link ini sangat banyak bisa di temukan, saya akan bahas dari komentar saja dulu. nah dari 200 komentar link aktif itu, misalkan situs tersebut sudah di hapus atau expired domain, maka secara otomatis link-link komentar tersebut akan terbaca dead link atau link mati atau broken link.


maka itu sudah jelas akan berpengaruh terhadap SEO , karena google menganggap situs sobat adalah situs sampah atau situs yang tidak relevan, bisa jadi hal ini akan menurunkan peringkat blog sobat dari search engine google , kalo tidak diperbaiki, lebih parahnya,situs blog sobat akan terkena penalty google, bisa penghapusan blog, google sandbox dll.


Maka sangat penting sekali bagi kita untuk memperbaiki broken link atau link rusak disitus blog sobat agar terlihat bersih dan relevan, bagi sobat yang ingin memperbaiki broken link tersebut silahkan simak tutorialnya Cara Memperbaiki Broken Link Blog.

Cara Cek Dan Memperbaiki / Menghapus Broken Link Blog

2. Silahkan masukan situs blog sobat, masukan captha dan klik find broken link

Cara Cek Dan Memperbaiki Broken Link di Blog


3. Maka nanti akan muncul beberapa broken link bahkan mungkin banyak broken link disitus blog sobat dalam bentuk daftar, seperti contoh gambar dibawah.

Cara Cek Dan Memperbaiki Broken Link di Blog

  1. URL : Sumber broken link tersebut, jika sobat klik link tersebut, maka sobat akan di arahkan ke halaman tempat broken link tersebut ada, bisa diposting atau dikomentar.
  2. SRC : Sumber broken link yang dibentuk dengan HTML.
  3. Server Response : kalo menunjukn 404, berarti link tersebut rusak atau mati, 

Cara Memperbaiki Broken Link di Blog

1. Sobat klik pada bagian "URL" maka sobat akan diarahkan pada halaman sumber broken link tersebut, silahkan sobat cek letak broken link tersebut, apakah bersumber dari link komentar atau link yang terdapat diposting.

2. Jika sudah ditemukan letak broken link tersebut, misal terdapat diposting, silahkan sobat ganti, 

3. Jika broken link tersebut bersumber dari komentar, maka sobat harus menghapusnya satu persatu, atau jika malas, sobat bisa simpan kode javasript ini diatas kode </body> atau bisa ke tutor disini "Cara Menghapus Link Aktif Otomatis di Komentar Blog"

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function blockLinks(parentID, children) {
    var parent = document.getElementById(parentID),
        content = parent.getElementsByTagName(children);
    for (var i = 0; i < content.length; i++) {
        if (content[i].innerHTML.indexOf('</a>') !== -1) {
            content[i].innerHTML = "<mark>No live link!!!</mark> Dilarang nyepam di sini!";
            content[i].className = "spammer-detected";
        }
    }
}
blockLinks('comment-holder', 'p');
//]]>
</script>
 4. Save template. 

Oke saya rasa sudah cukup jelas bagaimana cara cek dan memperbaiki sekaligus dampak broken link tersebut, saya cukupkan dulu untuk tutorial Cara Cek Dan Memperbaiki Broken Link Blog 

2 komentar


EmoticonEmoticon